GETARAN HARMONIK SEDERHANA

Getaran harmonik sederhana adalah suatu getaran dimana resultan gaya yang bekeja pada titik sembarang selalu mengarah ke titik keseimbangan, dan besar resultan gaya sebanding dengan jarak titik sembarang ke titik keseimbangan tersebut.
Agar dapat mendapatkan getaran/ayunan harmonik Sudut simpangan talinya tidak boleh terlalu besar. Agar kita lebih mudah dalam mendapatkan getaran/ayunan harmonik. Pengaruh panjang pendeknya tali yaitu apabila tali diperpanjang maka periode akan semakin besar, dan apabilla tali diperpendek maka periode yang dihasilkan akan semakin kecil. Hal ini sesuai dengan hubungan antara periode dan panjang tali yang didapat dari rumus , dimana T adalah periode dan l adalah panjang tali. Jika periode getaran semakin besar.
Maka Frekuensi yang dihasilkan akan semakin kecil karena frekuensi (f) berbanding terbalik terhadap periode (T). Jika bandul/beban diperbesar atau diperkecil, maka Periode akan tetap, karena massa bandul/beban sama sekali tidak berpengaruh terhadap periode. Hubungan antara Periode (T) dengan panjang tali (l) berbanding lurus. Sesuai rumusan , Hubungan antara Periode (T) dengan massa (m) yaitu tidak berhubungan karena dari data yang didapat periode-periode yang didapat relatif sama besar . Oleh karena itu dapat disimpulkan periode tidak terpengaruh terhadap besarnya massa (m) Hubungan antara priode (T) dengan frekuensi (f) yaitu berbanding terbalik. Sesuai rumusan . Contoh Soal Suatu ayunan sederhana dengan panjang tali (l) dan massa bandul (m) mempunyai periode ayunan T. Jika panjang tali dipotong ¾ (l) dan masa bandul menjadi (2m). Tentukan periode ayunan sekarang. Diketahui : l1 = l l2 = ¼ l m1 = m m2 = 2m T1=T Ditanya : T2 = …? Jawab : T1 : T2 = T : T2 = Dari perbandingan diatas didapat perbandingan T2 : T22 = l : 1/4l Maka T : T2 = 1 : ½ Jadi T2 = 2T

Post a Comment

0 Comments